SELEKSI CALON TENAGA PENGAJAR BIPA TAHUN 2020 UNTUK PENUGASAN TAHUN 2021

  SELEKSI CALON TENAGA PENGAJAR BIPA  TAHUN 2020 UNTUK PENUGASAN TAHUN 2021



Seleksi Calon Tenaga Pengajar BIPA Tahun 2020 untuk Penugasan Tahun 2021, Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengundang pengajar BIPA di Indonesia untuk berpartisipasi sebagai duta bahasa negara dalam pelaksanaan diplomasi kebahasaan melalui pengajaran BIPA dan kegiatan kebahasaan lainnya di luar negeri. Untuk menentukan calon tenaga pengajar BIPA yang siap dan memenuhi syarat, Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra akan menyelenggarakan seleksi calon tenaga pengajar BIPA untuk luar negeri masa tugas tahun 2021.

Seleksi Calon Tenaga Pengajar BIPA untuk Luar Negeri Masa Tugas Tahun 2021 akan dilaksanakan melalui tahapan berikut.


  Seleksi Calon Tenaga Pengajar BIPA Tahun 2020/2021

A. Persyaratan Umum
Pelamar yang akan mengikuti Seleksi Calon Tenaga Pengajar BIPA untuk Luar Negeri dengan Masa Tahun Tugas 2021, wajib memenuhi persyaratan berikut.
1. Berkewarganegaraan Indonesia
2. Berusia 24—50 tahun pada 1 April 2020
3. Berpendidikan sekurang-kurangnya sarjana S-1 (diutamakan jurusan bahasa dan sastra, baik kependidikan maupun nonkependidikan)
4. Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan surat keterangan sehat dan dokter pemerintah)
5. Mahir berbahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis (dibuktikan dengan sertifikat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia)
6. Rerpengalaman mengajarkan hahasa Indonesia bagi penutur asing
7. Berkelakuan baik serta tidak pernah terlibat tindakan kriminal, tindakan asusila, dan pcnyalahgunaan narkoba (dibuktikan dengan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dan surat keterangan bebas narkoba dan rumah sakit pemerintah)
8. Tidak sedang menempuh pendidikan, menerima beasiswa, dan/atau menjalani kewajiban pasca tugas belajar atau kewajiban sebagai calon pegawai pada tahun 2021
9. Mahir berbahasa asing tertentu sesuai dengan kebutuhan di negara sasaran (dibuktikan dengan sertifikat kemahiran berbahasa asing)
10. Memperoleh izin dan rekomendasi dan atasan langsung (bagi yang bekerja di lembaga pemerintah atau swasta)
11. Memperoleh rekomendasi pengalaman mengajarkan BIPA dan pimpinan lembaga penyelenggara program BIPA, pengajar senior BIPA, atau pemelajar BIPA Memiliki wawasan yang positifd an komprehensif tentang Indonesia
12. Selain persyaratan umum tersebut, pelamar wajib memenuhi persyaratan khusus sesuai dengan pilihan negara sasaran. Setiap pelamar dapat mencantumkan maksimal tiga pilihan negara sasaran dengan mernpertimbangkan persyaratan khusus (lihat Surat Pengumuman).
13. Mahir memanfaatkan sarana teknologi informasi dan komunikasi
14. Mampu melaksanakan penelitian
l5. Memiliki kemampuan yang memadai dalam berdiplomasi dan berkomunikasi
l6. Memiliki keterampilan dalam kesenian tradisional dan/atau kontemporer Indonesia
17. Bersedia ditugasi ke negara sasaran pada waktu yang ditentukan
18. Tidak memiliki hubungan keluarga dengan panitia seleksi

Bagi yang berminat mengikuti Seleksi Calon Tenaga Pengajar BIPA untuk Luar Negeri dengan Masa Tahun Tugas 2021, Pendaftaran dilaksanakan secara daring pada 14 Februari— 10 Maret 2020 dengan ketentuan sebagai berikut.
a. Pelamar memiliki alamat pos-el yang tetap dan aktif.
b. Pelamar melakukan pendaftaran secara daring dengan mengisi formulir di tautan http://bit.ly/seleksibipa2021
c. Setelah mcngisi formulir pendaftaran secara daring, pelamar mengirimkan berkas pendaftaran dalam satu folder ZIP ke pos-el pendafaran.

Link download Pengumuman Resmi (disini)
Link download Contoh Lampiran Surat lamaran Pengajar BIPA (disini)

Demikian finformasi tentang Seleksi Calon Tenaga Pengajar BIPA Tahun 2020 untuk Penugasan Tahun 2021. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



No comments

Theme images by molotovcoketail. Powered by Blogger.