SETIAP PESERTA TES SELEKSI CPNS 2018 AKAN MENDAPAT SOAL TES CPNS YANG BERBEDA

 Soal Tes CPNS 2018

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyerahkan soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) di kantor Kemendikbud, Jakarta (9/10/2018). Soal-soal tersebut nantinya akan digunakan dalam proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan komitmen Kemendikbud untuk membantu proses seleksi CPNS 2018. "Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berkomitmen untuk selalu dapat membantu proses pengadaan CPNS secara akuntabel dan transparan. Sehingga dapat diperoleh calon-calon aparatur sipil negara yang profesional, berintegritas, dan berwawasan global," tuturnya.

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Syafruddin mengungkapkan bahwa proses rekrutmen CPNS kali ini menjadi momentum bersejarah, karena jumlah formasi yang terbesar sepanjang sejarah Republik Indonesia. Ditambahkannya, rekrutmen CPNS tahun ini mencerminkan kerja sama erat antara pusat dan daerah untuk menghadirkan penyelenggara negara yang kompeten, moderen, berdaya saing, dan berkelas dunia.

Dalam penyusunan soal, Penitia Seleksi Nasional (Panselnas) dan Kemendikbud didukung oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). 

Mendikbud mengapresiasi lembaga lembaga yang terkait. “Kami harapkan kerja sama diperluas, terutama masalah ketenagakerjaan di lingkungan Kemendikbud. Karena kita tahu lapangan kerja terbesar adalah guru yang menjadi pihak utama dari Kemendikbud untuk pendidikan yang lebih baik,” ujar Muhadjir.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi, menyampaikan bahwa keterlibatan Kemendikbud dalam mempersiapkan soal Seleksi CPNS telah dimulai sejak tahun 2012. "Sudah kita serahkan 13.667 soal yang dibuat oleh 110 penulis dari 18 perguruan tinggi yang ditunjuk," jelasnya.

Didik menambahkan bahwa kerahasiaan dan keamanan soal dijamin seratus persen oleh Panitia Seleksi Nasional. Adapun ribuan soal SKD nantinya akan diacak untuk kemudian disajikan sebagai paket soal kepada para peserta tes. Dipastikan setiap peserta akan mendapatkan paket soal yang berbeda. 

Baca Juga: Contoh Latihan Soal Tes CPNS 2018


========================


No comments

Theme images by molotovcoketail. Powered by Blogger.