REKRUTMEN TENAGA FASILITATOR LAPANGAN (TFL) PROGRAM SANIMAS IDB TA 2018

Rekrutmen Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Program SANIMAS IDB TA 2018. SANIMAS atau Sanitasi Berbasis Masyarakat adalah program untuk menyediakan prasarana air limbah bagi masyarakat di daerah kumuh padat perkotaan. Menyusul kesuksesan pilot program di enam kota di tahun 2003-2004, mulai tahun 2005 Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk meningkatkan sumber daya dalam mendukung replikasi dan scaling-up pendekatan fasilitas sanitasi terdesentralisasi berbasis masyarakat (decentralized wastewater treatment systems –DEWATS) secara nasional melalui program SANIMAS ini.


Dalam pembangunan fasilitas Sanimas, digunakan konsep pemberdayaan masyarakat untuk menjadikan masyarakat aktor utama dalam proses perencanaan, pembangunan, operasional dan pemeliharaan fasilitas sanitasi komunal, dengan tujuan agar fasilitas yang terbangun dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan. Konsep tersebut menggunakan prinsip-prinsip pembangunan air minum dan penyehatan lingkungan berbasis-masyarakat seperti: pilihan yang diinformasikan sebagai dasar dalam pendekatan tanggap kebutuhan, air merupakan benda social dan ekonomi, pembangunan berwawasan lingkungan, peran aktif masyarakat, serta penerapan prinsip pemulihan biaya.

Sejak tahun 2010, pembangunan fasilitas sanimas ini didukung penuh oleh Dana Alokasi Khusus bidang Sanitasi yang sudah terpisah dengan DAK bidang Air Minum. Selain didukung pula oleh pendanaan APBN Direkotrat Jenderal Cipta Karya – Kementerian PU, pemerintah pusat juga mendorong pembangunan fasilitas sanimas melalui dukungan dana luar negeri dan dana APBD melalui berbagai kerangka program. 

SANIMAS Menjadi Program Nasional yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya, Departemen Pekerjaan Umum yang kemudian menjadi dasar replikasi beberapa program sanitasi  serupa. (seperti, USRI, SLBM, DAK Sanitasi). Mengingat masyarakat sebagai subject dari program pembangunan ini maka pemberdayaan masyarakat yang menerima program menjadi suatu keharusan untuk keberlangsungan program, agar tidak hanya sekedar membangun fisik bangunan sanitasi tetapi juga membangun mental dan sikap masyarakat terhadap persoalan sanitasi. Penyiapan Masyarakat meliputi  : 1) Pelibatan dalam penentuan titik lokasi/seleksi lokasi berdasarkan kebutuhan dengan prinsip Demands responship aproach. 2) Pelibatan dalam konstruksi 3) Pelibatan dalam monitoring konstrusi; 4) Operasional dan pemeliharaan; 5) Pelatihan manajemen konstruksi; 6) Pelatihan tukang dan mandor kounstruksi; 7) Pelatihan operasional dan perawatan; 8) Pendampingan paska konstruksi.

Dalam rangka memfasilitasi masyarakat untuk pembangunan Sarana Sanitasi Lingkungan Permukiman, Central Project Management Unit Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) IDB memberikan kesempatan kepada saudara/i yang memenuhi kualifikasi untuk menjadi Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Sanimas IDB TA 2018.

Berikut Pengumuman Lengkap Rekrutmen Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Program SANIMAS IDB TA 2018.














Demikian info tentang Rekrutmen Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Program SANIMAS IDB TA 2018. Semoga bermanfaat. 







2 comments:

Theme images by molotovcoketail. Powered by Blogger.