lowongan kerja
REKRUTMEN CALON TENAGA FASILITATOR DESA PEDULI GAMBUT TAHUN 2018
Desa Peduli Gambut (DPG)
adalah program Badan Restorasi Gambut RI (BRG RI) yang merupakan bagian dari
strategi restorasi gambut di 7 provinsi. Sebagai penyelaras program restorasi
gambut, kegiatan di DPG termasuk perencanaan dan pembentukan kawasan pedesaan,
perhutanan sosial dan reforma agraria, resolusi konflik, pemberdayaan ekonomi
desa, penguatan kelembagaan masyarakat dalam perlindungan dan pengelolaan
gambut, serta pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Sehubungan dengan rencana
pelaksanaan program Desa Peduli Gambut (DPG) tahun 2018 di 145 desa yang
tersebar di tujuh provinsi yakni Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan
Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Papua, BRG RI membuka
kesempatan kepada warga negara Indonesia yang memiliki integritas dan komitmen
tinggi untuk bergabung dalam kegiatan pendampingan DPG.
Adapun jumlah, jenis, dan
alokasi penempatan di setiap provinsi adalah sebagai berikut
I. Informasi Umum
1. Pelaksanaan Pendaftaran menggunakan sistem
seleksi langsung dengan mengirimkan dokumen surat lamaran ke alamat email: career@brg.go.id
2. Pendaftaran dimulai tanggal 29 Desember
s/d 07 Januari 2018.
II. Persyaratan
1. Warga Negara Indonesia (WNI);
2. Siap ditempatkan di seluruh wilayah
Indonesia/NKRI pada tingkat tapak (kecamatan atau desa);
3. Berpengalaman/pernah melakukan
pendampingan atau pemberdayaan masyarakat desa untuk tenaga kerja fasilitator
desa.
III. Rincian Kebutuhan
Formasi
1 Fasilitator Desa Peduli
Gambut kualifikasi Pendidikan D3 atau S1 dengan formasi 145 orang
V. Tata Cara Pendaftaran
1. Pelamar wajib memiliki alamat email yang
aktif untuk mengikuti proses seleksi Tenaga Kerja
2. Pada saat mengirimkan lamaran, peminat
harus menyertakan berkas lamaran terdiri dari:
a.
KTP;
b.
Ijazah yang digunakan sebagai dasar pelamaran;
c.
Transkip Nilai yang digunakan sebagai dasar pelamaran;
d.
Melampirkan Essay/karya tulis dengan tema “pendampingan/pemberdayaan masyarakat
desa” sebanyak 1500-2000 kata.
e.
Surat pernyataan minat yang mencantumkan apa yang akan dilakukan saat memegang
jabatan yang dilamar;
f.
Daftar Riwayat Pekerjaan;
g.
Pas foto terakhir;
h.
Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku; i. Fotocopy Ijazah
terakhir yang telah dilegalisir;
j.
Fotocopy Transkrip nilai akademik;
k.
Surat Keterangan dari CSO/Instansi tentang pengalaman pernah melakukan kegiatan
pendampingan dan/atau pemberdayaan masyarakat desa;
l.
Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI (bermaterai).
V. Seleksi
1.
Seleksi Tahap seleksi Tenaga Kerja terdiri dari 2 tahap dengan sistem gugur
yang meliputi:
a.
Seleksi administrasi dan verifikasi berkas;
b.
Seleksi wawancara.
2.
Tempat dan waktu seleksi wawancara: Bagi pelamar yang dinyatakan lulus seleksi
administrasi dan verifikasi berkas akan dihubungi melalui email dan untuk
mengikuti tes seleksi wawancara di Ibukota Provinsi atau di lokasi yang
ditetapkan oleh Panitia Seleksi.
Rencana
pelaksanaan seleksi wawancara pada tanggal 15 – 17 Januari 2018. Tempat
wawancara akan ditentukan kemudian.
VI. Pengumuman Hasil Seleksi
1. Pengumuman hasil seleksi
administrasi dan verifikasi berkas direncanakan pada tanggal 11 Januari 2018
melalui email, telepon langsung atau dapat di lihat melalui web: brg.go.id
2. Pengumuman hasil seleksi
wawancara direncanakan pada tanggal 23 Januari 2018.
VII. Lain-lain
1. Panitia seleksi Tenaga Kerja berhak
menyatakan seseorang calon tidak diterima/dibatalkan/ digugurkan menjadi
walaupun telah lulus tes, apabila di kemudian hari diketahui bahwa terdapat
persyaratan yang ternyata tidak benar/tidak sah.
2.
Berkas pelamar yang masuk ke Panitia menjadi arsip BRG RI dan tidak dapat
diminta kembali oleh pelamar.
3.
Seluruh tahapan seleksi Tenaga Kerja TIDAK DIKENAKAN BIAYA ATAU PUNGUTAN DALAM
BENTUK APAPUN.
4.
Panitia seleksi Tenaga Kerja TIDAK BERTANGGUNG JAWAB atas segala pungutan atau
tawaran apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan BRG RI atau Panitia.
VIII. PENUTUP
Demikian pengumuman ini
disampaikan untuk diketahui oleh masyarakat luas.
No comments