KKP AKAN REKRUT TENAGA PENDAMPING MANAJEMEN USAHA

Setelah selesai mengadakan Seleksi Fasilitator Masyarakat dan Manajer Lapangan Tahun 2016, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan perekrutan 200 tenaga   pendampingan manajemen usaha untuk membantu pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kelautan perikanan.

Kepala Badan Pengembangan SDM dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (BPSDMP KP) Rifky Effendi Hardijanto, mengatakan, tenaga pendamping akan ditempatkan di kawasan sentra kelautan dan perikanan sesuai dengan domisilinya.




”Mereka bekerja di lapangan mendampingi pelaku usaha kelautan dan perikanan  dan melaporkan hasil pekerjaan ke Dinas Kelautan dan Perikanan,”  katanya  di Bogor sebagaimana dikutip Indopos (Jawa Pos Group), Selasa (21/6).

Langkah ini untuk mengatasi sejumlah masalah yang dihadapi UMKM, seperti  rendahnya penyerapan kredit, di sektor kelautan dan perikanan.
”Ada indikasi  perbankan engan  mengucurkan kredit  ke usaha mikro, karena   usaha sektor kelautan dan perikanan beresiko tinggi,” ujarnya.

Padahal, pemerintah telah menurunkan  suku bunga Kredit Usaha Rakyat menjadi 9 % per tahun. Berdasarkan data Bank Indonesia, hanya sekitar 20 % kredit UMKM  menyasar ke  usaha mikro, dan hanya 5 % dari total kredit UMKM yang menyasar pelaku perikanan.

Kondisi ini perlu disikapi mengingat populasi UMKM di Indonesia masih didominasi oleh usaha mikro (98,8%). Sementara produktivitasnya yang rendah, termasuk di sektor kelautan dan perikanan.


Para pendamping ini memiliki tugas membantu UMKM kelautan dan perikanan untuk memenuhi kriteria perbankan sehingga  dapat mengakses perbankan.  Contohnya, bagaimana membuat laporan keuangan sederhana.



= Baca Juga =





PENTING!!!

Redaksi hanya memuat informasi lowongan kerja. Kami tidak bertanggungjawab atas penipuan dan lain-lain, Jadi anda harus jeli dan peka terhadap segala macam penipuan dalam bentuk lowongan kerja. selamat mencari kerja di Info Lowongan Kerja semoga sukses.

No comments

Theme images by molotovcoketail. Powered by Blogger.